Pawai Pembangunan Sukamara 2023 Dipenuhi Ribuan Penonton

Estimated reading time: 2 minutes

Sukamara- Pawai pembangunan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dan Hari Jadi Kabupaten Sukamara ke-21 berlangsung meriah, Sabtu 26 Agustus 2023.

Jalur pawai yang dimulai dari halaman Masjid Agung Kabupaten Sukamara hingga simpang empat Kantor Kecamatan Sukamara itu pun dipenuhi ribuan warga yang menonton.

Peserta pawai pembangunan yang terdiri dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi kemasyarakatan, pemuda, siswa sekolah, dan drum band. Tak terkecuali pula perwakilan dari lima kecamatan, desa, dan kelurahan di Kabupaten Sukamara juga turut meriahkan pawai pembangunan.

Peserta pun menampilkan berbagai bentuk mobil hias, miniatur tank, kerupuk basah, dan udang vaname. Kreativitas peserta dalam menghias mobil dan kostum yang dikenakan menjadi suguhan menarik bagi masyarakat Sukamara dan sekitarnya yang menonton.

“Datang sama cucu lihat hiburan meriah. Banyak mobil hias dan menjadi hiburan masyarakat Sukamara,” kata masyarakat.

Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Sukamara  mengapresiasi semangat dan kreativitas peserta dalam mempersiapkan pawai pembangunan.

Kreativitas peserta yang mengikuti pawai pembangunan ini pun nantinya akan mendapatkan penghargaan khusus dari panitia. Pasalnya event tingkat kabupaten ini selalu terselenggara dalam bentuk perlombaan.

Peserta yang menjadi juara ditentukan berdasarkan kategori dan dari hasil penilaian juri yang meliputi kreativitas, kekompakan, dan ketertiban.

Bupati Sukamara, H. Windu Subagio mengatakan, pawai digelar masih dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia dan Hari Jadi Kabupaten Sukamara ke-21. Melalui pawai ini, kita dapat menjalin kerukunan, semangat gotong royong, dan meningkatkan kreativitas.

Peserta pawai yang berjalan dari depan pintu gerbang Masjid Agung Kabupaten Sukamara ini dimulai dari grup marcing band. Kemudian, disusul peserta dari tingkat Sekolah Dasar, Menengah Pertama, Menengah Atas, dan Umum.

Kemeriahan pawai pembangunan Kabupaten Sukamara tahun 2023 pun mendapatkan dukungan dari alam. Pasalnya, sepanjang rute pawai cuaca cerah dan tidak terlalu panas..

Oleh karena itu, dengan jarak perjalanan atau rute pawai yang tidak terlalu panjang dapat diselesaikan oleh seluruh peserta.

Tujuan pawai pembangunan Sukamara

Sebagai informasi tambahan, pawai pembangunan merupakan acara yang selalu terselenggara setiap tahunnya. Sebab tujuan dari acara ini adalah untuk menjalin persatuan, kekompakan, dan kreativitas.

Kedepannya pelaksanaan pawai pembangunan dapat lebih meriah dengan berbagai mobil hias, miniatur, dan jumlah peserta lebih banyak.

Baca Juga:

Adha Susanto
Adha Susanto

Dengan menulis belajar bahwa tidak ada seorang yang sempurna

Articles: 20