Pemkab Sukamara Launching Sistem Perikanan Sipakomperan

Estimated reading time: 2 minutes

Untuk membangun program komoditi perikanan dan kelautan terpadu, Pemerintah Kabupaten Sukamara meluncurkan sistem Perikanan “Sipakomperan”, Jumat 21 Juli 2023.

Seperti yang kita ketahui inovasi teknologi dan informasi tak dapat terpisahkan dari usaha atau bisnis bidang kelautan dan perikanan masa kini. Terlebih bisnis di era evlousi industri 4.0 dibutuhkan data dan pelayanan yang serba cepat dan akurat.

Contoh perusahaan yang bergerak dalam bidang kelautan dan perikanan terintegrasi sistem digital adalah Aruna, Efishery, Fishlog, dan Jala. Perusahaan-perusahaan tersebut terus mengembangkan inovasi teknologi yang membantu pembudidaya dalam mengembangkan usahanya.

Nah, daerah-daerah terpencil seperti di Kaupaten Sukamara yang mempunyai potensi kelautan dan perikanan sangat dibutuhkan dukungan teknologi dan sistem informasi. Tujuannya sebagai langkah dalam memperluas jangkauan. Menyampaikan informasi-informasi penting terhadap peluang investasi kepada investor dengan mudah, murah, dan menarik.

Inovasi berbasis teknologi menjadi salah satu jawaban untuk mendukung perkembangan bisnis. Melalui sistem informasi berbasis web yang mudah terakses kesempatan membangun Sukamara yang terpadu lebih besar.

Sistem Informasi Spasial Komoditi Perikanan (Sipakomperan) merupakan terobosan dari Pemkab Sukamara untuk membuka peluang.

Dalam sistem Sipakomperan tersedia informasi yang meliputi: potensi, analisis finansial, dan status lahan bisnis budidaya udang vaname.

Baca Juga: Sukamara Kembangkan Tambak Udang Vaname

Semua informasi tersebut dapat terakses oleh para pelaku usaha atau investor dengan cara sangat mudah. Pasalnya sistem ini pun sifatnya online dan dapat terakses pada berbagai browser yang terhubung internet.

Melalui peluncuran sistem perikanan Sipakomperan berbasis web, para investor dapat dengan mudah untuk berinvestasi di wilayah Pemkab Sukamara.

Selain itu, peluncuran sistem geospasial ini merupakan salah satu instrumen yang mendukungstrategi program ketahanan pangan protein udang vaname.

Serta menjadi bagian dari jawaban terhadap tantangan pembangunan dan pengembangan sektor kelautan dan perikanan terpadu di Provinsi Kalimantan Tengah secara umum. Sedangkan secara khusus sistem ini sebagai jawaban pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Sukamara.

Sumber:

Adha Susanto
Adha Susanto

Dengan menulis belajar bahwa tidak ada seorang yang sempurna

Articles: 20