Meriah, Lomba Gerak Jalan Sukamara Tahun 2023

Estimated reading time: 2 minutes

Sukamara – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Sukamara ke-21 dan Kemerdekaan Indonesia ke-78 Tahun, Pemerintah Kabupaten menyelenggarakan Lomba Gerak Jalan, Rabu 23 Agustus 2023.

Pembukaan lomba gerak jalan yang berlangsung di Lapangan Koramil dibuka langsung oleh H. Windu Subagio.

Pada tahun ini sebanyak 95 regu yang terdiri dari 950 orang ikut memeriahkan Lomba Gerak Jalan yang terdiri dari empat kategori, yaitu:

  1. Sekolah Dasar 36 regu,
  2. Sekolah Menengap Pertama 18 regu,
  3. Sekolah Menengah Atas 19 regu, dan
  4. Umum 22 regu.

Empat kategori itu pun akan memperebutkan juara satu, dua, tiga, dan empat yang terpisah berdasarkan satuannya masing-masing, yakni putra dan putri.

Adapun hal-hal yang dinilai dalam Lomba Gerak Jalan Tingkat Kabupaten Sukamara Tahun 2023 adalah kekompakan, kreativitas, dan gerakan.

Penilaian lomba berlangsung sepanjang rute yang telah ditentukan panitia. Pada tahun ini rute lomba sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk tahun ini, peserta mengelilingi dua kelurahan yang ada di Kota Sukamara, yakni Kelurahan Padang dan Mendawai. Sedangkan total jarak perjalanan peserta lomba gerak jalan adalah 3,3 km.

Sebelum peserta lomba gerak jalan dilepas oleh Bupati Sukamara, H. Windu Subagio. Bupati Sukamara menyampaikan beberapa tujuan penting dari kegiatan gerak jalan.

Tujuan Lomba Gerak Jalan

Menurutnya dengan gerak jalan kita dapat melatih sikap disiplin, hidup sehat karena berolahraga, melatih kreativitas, dan sifat kepemimpinan.

Sikap kepemimpinan dan kreativitas pun langsung terlihat dari seluruh regu peserta Lomba Gerak Jalan Tingkat Kabupaten Sukamara Tahun 2023. Atraksi yel-yel, kostum, dan formasi baris-berbaris pun mengundang gelak tawa dan kekaguman dari penonton yang hadir.

variasi barisan lomba gerak jalan
Pertunjukan Variasi Barisan Lomba Gerak Jalan

Semangat berlomba untuk merebutkan hadiah yang terdiri dari piala dan uang pembinaan berkobar pada setiap peserta. Terlebih kegiatan lomba gerak jalan yang terselenggara rutin satu tahun sekali ini menjadi lomba bergengsi bagi setiap tingkatan sekolah.

Tak menutup kemungkinan lomba gerak jalan menjadi tempat untuk menunjukkan keahlian dasar dan lanjut peraturan baris-berbaris Pramuka dari setiap Gugus Depan.

Baca Juga:

Adha Susanto
Adha Susanto

Dengan menulis belajar bahwa tidak ada seorang yang sempurna

Articles: 20